Rabu, 13 Januari 2010

Standar Isi

Standar isi merupakan ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang terangkum dalam persyaratan kompetensi lulusan, kompetensi bahan kajian, kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.

Standar isi adalah pedoman untuk pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang berisi:
• kerangka dasar dan struktur kurikulum,
• beban belajar,
• kurikulum tingkat satuan pendidikan yang dikembangkan di tingkat satuan pendidikan, dan
• kalender pendidikan.

Sedangkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) digunakan sebagai pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. SKL meliputi kompetensi untuk seluruh mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran. Kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati.

Pemberlakuan KTSP, sebagaimana yang ditetapkan dalam peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan SI dan SKL, ditetapkan oleh kepala sekolah setelah memperhatikan pertimbangan dari komite sekolah. Dengan kata lain, pemberlakuan KTSP sepenuhnya diserahkan kepada sekolah, dalam arti tidak ada intervensi dari Dinas Pendidikan atau Departemen Pendidikan Nasional. Penyusunan KTSP selain melibatkan guru dan karyawan juga melibatkan komite sekolah serta bila perlu para ahli dari perguruan tinggi setempat. Dengan keterlibatan komite sekolah dalam penyusunan KTSP maka KTSP yang disusun akan sesuai dengan aspirasi masyarakat, situasi dan kondisi lingkungan dan kebutuhan masyarakat.

Berikut ini saya tampilkan catatan kecil mengenai Standar Kompetensi Lulusan Ujian Nasional di tahun 2009 ini.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
UJIAN NASIONAL 2009 SMP/MTs

I. BAHASA INDONESIA
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
URAIAN
1.MEMBACA
2.MENULIS

II. BAHASA INGGRIS
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)

URAIAN
1. READING (Membaca)

2. WRITING (Menulis)

III. MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)

URAIAN
1. Memahami konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, aritmatika social, barisan bilangan, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Ø Bilangan
Ø Barisan bilangan

2. Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linear, persamaan garis, himpunan, relasi fungsi, sistem persamaan linear, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Ø Operasi bentuk aljabar
Ø Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variable
Ø Himpunan
Ø Relasi dan fungsi
Ø Sistem persamaan linear dua variabel
Ø Gradien dan persamaan garis lurus


3. Memahami bangun datar, bangun ruang, garis sejajar, dan sudut, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Ø Bangun datar (Segitiga, Segiempat dan Lingkaran)
Ø Bangun ruang
Ø Garis sejajar

4. Memahami konsep dalam statistika, serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah
Ø Statistika
- Tendensi sentral/ukuran pemusatan
- Menyajikan dan menafsirkan data

IV. ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)

URAIAN
1. Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

3. Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

4. Memahami konsep-konsep dan penerapan getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.

5. Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

7. Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.

8. Mengkaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada tumbuhan dan manusia.

9. Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.

10. Mengidentifikasi bahan kimia alam dan buatan yang terdapat dalam bahan makanan dan pengaruhnya terhadap kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar